Rabu, 15 Juni 2011

Glaukonit

Mumpung di karang sambung, saya diceritakan oleh teman kalau mereka menemukan mineral glaukonit. Sebagai orang yang masih dan akan selalu belajar geologi, saya tertarik dengan mineral unik tersebut.
Glaukonit adalah mineral sedikit pada batuan berwarna hijau akibat ubahan mineral biotit pada kondisi reduksi di slow rate sedimentation yang biasanya terdapat pada batupasir. Mengapa mineral ini begitu penting? Karena kehadiran mineral ini merupakan penciri lingkunagn pengendapan laut. Yah saya mengambil kesimpulan seperti itu karena Wikipedia dan Webmineral, saya menemukan keterangan bahwa mineral glaukonit terbentuk di daerah nearshore atau dengan kata lain di laut dangkal, sedangkan pada laut dalam, pernah tercatat ditamukan pada suatu batugamping pelagic. Sehingga saya simpulkan glaukonit merupakan penciri lingkungan pengendapan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar