Minggu, 16 Mei 2010

Formasi Batuan

Mumpung kemaren saya jalan-jalan ke lapangan, mumpung ingat juga untuk mengisi blog ini, saya ingin berbagi informasi lagi. kita pasti tidak asing lagi mendengar dengan istilah formasi. banyak istilah yang menggunakan kata formasi. misalkan dalam sepak bola ada formasi 4-4-2. namun berbeda lagi di bidang geologi. dalam dunia geologi, terdapat istilah formasi batuan. apakah itu? formasi batuan adalah suatu unit batuan yang tersusun secara lateral yang memiliki suatu karakteristik tertentu sehingga bisa dibedakan dengan formasi yang lain.

Mulai sekarang, jika saya menulis formasi, mengaculah kepada formasi batuan. agar tidak bingung bagaimana nanti kelanjutannya. biasanya suatu formasi terdapat dalam suatu cekungan pengendapan. di bawah cekungan tersebut terdapat batuan dasar. batuan dasar tersebut bisa berupa batuan beku, metamorf, atau batuan sedimen. suatu formasi, dasarnya bisa berupa batuan dasar atau formasi lainnya yang lebih tua. bila suatu formasi basement-nya adalah batuan dasar, maka formasi tersebut adalah yang paling tua di cekungan tersebut.

Dalam suatu formasi, belum tentu mengandung satu jenis satuan batuan. karena dalam suatu formasi bisa berupa lebih dari satu satuan batuan. dalam satu formasi juga bisa lintas umur. maksudnya bisa dalam rentang yang sangat panjang. bisa juga sangat pendek tergantung bagaimana karakteristik yang menentukan formasi tersebut.

Sekian dari saya. seperti biasa, bisa request materi via e-mail, atau koreksi pasti diterima. Sekian dan terima kasih.

4 komentar:

  1. Weis, habis jalan2 dari mana ni broer?

    BalasHapus
  2. sumbernya dari mana ya?bisa tolong kasih tau referensinya?

    BalasHapus
  3. @putra dari mana lupa saya
    @geoholix kalau tidak salah ini penjelasan dosen deh

    BalasHapus
  4. Diskordan atau Konkordan antar Formasi apa cirinya, apakah karena begitu Formasi Singkapan Batuan ditemukan

    BalasHapus